HomeTulisanSeputar KonveksiMengenal Bahan Kain Viscose

Mengenal Bahan Kain Viscose

Episentrum.id - Mengenal Bahan Viscose

Bahan Kain viscose mungkin masih terdengar asing di telinga kamu tapi perlu kamu ketahui bahwa ternyata kain yang satu ini sudah sejak dahulu kala. Tepatnya, kain viscose mulai dipakai pada akhir tahun 1800-an. Kain ini sendiri pertama kali ditemukan di Eropa oleh seseorang yang bernama Hilaire de Chardonet.

Pada masa itu, kain viscose digunakan sebagai pengganti sutra sebab harganya yang jauh lebih terjangkau. Hanya saja kain temuan Chardonet sendiri sebenarnya belum sempurna, sebab kain yang ia buat sangat mudah terbakar. Kemudian, disempurnakan oleh perusahaan Jerman bernama Bemberg hingga kain viscose menjadi kain yang kita kenal sekarang.

Di artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai bahan kain viscose, antara lain:

  1. Karakteristik Kain viscose
  2. Kelebihan dan Kekurangan kain Viscose

Baca artikel ini lebih lanjut ya!

Karakteristik

Kain Viscose sendiri memiliki karakteristik kain yang lembut dan ringan. Maka, tak mengherankan jika di awal penemuannya, kain ini menjadi alternatif atas kain sutra.

Kain viscose sendiri dibuat dari batang pohon. Nama viscose sendiri merujuk pada pada larutan pulp kayu yang secara khusus diolah dan dirubah menjadi kain. Hal inilah yang menjadikan kain ini disebut-sebut kurang ramah lingkungan.

Namun penggunaan kain viscose pada pakaian sendiri masih cenderung banyak disukai. Karena memiliki harga yang terjangkau, namun kain jenis ini memiliki tampilan yang sangat mewah bila digunakan untuk membuat pakaian misalnya pakaian.

Kelebihan Bahan Kain Viscose

Bahan kain viscose memiliki banyak kelebihan yang menjadi nilai tambah dari kain yang satu ini, antara lain:

  1. Harga kain viscose yang terjangkau untuk jenis kain dengan tampilan mewah.Sehingga cocok untuk kamu yang menginginkan pakaian tampilan mewah tetapi tidak ingin menghabiskan uang.
  2. Kain viscose memiliki sifat yang lembut, ringan, dan halus akan memberikan tampilan yang sangat elegan pada pakaian yang kamu gunakan.
  3. Meski terlihat mengkilap tapi kain viscose sendiri memiliki sifat mudah menyerap keringat sehingga tetap cocok dipakai meski cuaca panas.
  4. Kelebihan lain kain viscose adalah warnanya yang tidak mudah pudar, sehingga tetap awet meski dipakai dalam kurun waktu yang lama.

Kekurangan Bahan Kain Viscose

Selain banyak kelebihan, kain viscose juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Pembuatannya kain viscose tidak ramah lingkungan karena proses pembuatan kain viscose membutuhkan kayu, dan akan ada pohon yang ditebang untuk itu.
  2. Kain viscose sayangnya juga mudah menyusut terutama ketika kamu mencucinya dengan air panas. Karena itu hindari pencucian menggunakan air panas.
  3. Kekurangan lainnya adalah kekuatannya yang tidak sekuat bahan katun. Hal ini menyebabkan kain jenis ini menjadi tidak sesuai jika dipakai menjadi perabot rumah tangga.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai kain viscose. Jika kamu ingin membuat pakaian/seragam custom untuk keperluan organisasi atau perusahaan dengan bahan kain viscose, kamu bisa menghubungi kami Episentrum. Kami menyediakan berbagai jasa pembuatan seragam custom sesuai kebutuhan kamu. Kami menawarkan pelayanan terbaik dengan hasil produksi yang berkualitas. Segera hubungi kami!

One thought on “Mengenal Bahan Kain Viscose

Comments are closed.

© 2020 - 2024 Episentrum Insan Karya. All Rights Reserved.